twitter



 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjAXqVnGDYUDnIbHdFqKlPpjmt8uE4Ok4UqpNieR_TZe8Pi-HuIqTdASLqEMiMgVPELtHI53hg8rL_Shp7x6vHlBOHOE_ODpLCA-VXmGaoJz2bAVSLE_gUUmYmGzCwNdfa7dRJsNY_hZrF/s1600/media+blajar.jpg


 Teknologi baru terutama multimedia mempunyai peranan semakin penting dalam proses pembelajaran. Banyak orang percaya bahwa multimedia akan dapat membawa kita kepada situasi belajar yang menyenangkan, kreatif, dan  tidak membosankan. Sistem pembelajaran yang selama ini dilakukan yaitu sistem pembelajaran konvensional, kental dengan suasana instruksional dan dirasa kurang sesuai dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat. Lebih dari itu kewajiban pendidikan di tuntut untuk juga memasukkan nilai-nilai moral, budi pekerti luhur, kreatifitas, kemandirian dan kepemimpinan, yang sangat sulit dilakukan dalam sistem pembelajaran yang konvensional. Sistem pembelajaran konvensional kurang fleksibel dalam mengakomodasi perkembangan materi kompetensi karena guru harus intensif menyesuaikan materi.

 Salah satu faktor yang ada di luar individu adalah tersedianya media pembelajaran yang memberi kemudahan bagi individu untuk mempelajari materi pembelajaran, sehingga menghasilkan belajar yang lebih baik. Selain itu juga gaya belajar atau learning style merupakan suatu karakteristik kognitif, afektif dan perilaku psikomotoris, sebagai indikator yang bertindak yang relative stabil bagi pembelajar yang merasa saling berhubungan dan bereaksi terhadap lingkungan belajar.
Peranan media dalam proses belajar mengajar :
a.       Media memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali suatu objek atau kejadian.
b.      Media memiliki kemampuan untuk menampilkan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam cara di sesuaikan dengan keperluan.
c.       Media mempunyai kemampuan untuk menampilkan sesuatu objek atau kejadian yang mengandung makna.
Fungsi media dalam proses belajar mengajar :
a.       Dapat mengindari terjadinya verbalisme.
b.      Membangkitkan minat atau motivasi.
c.       Menarik perhatian.
d.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan ukuran.
e.        Mengaktifkan siswa dalam belajar.
f.       Mengefektifkan pemberian rangsangan untuk belajar.

Perlu disadari bahwa mutu pendidikan yang tinggi baru dapat di capai jika proses pembelajaran yang di selenggarakan di kelas efektif dan fungsional bagi pencapaian kompetensi yang dimaksud. Proses pembelajaran merupakan aktifitas yang terdiri atas komponen-komponen yang bersifat sistemik. Artinya komponen-komponen dalam proses pembelajaran itu saling berkaitan secara fungsional dan secara bersama-sama menentukan optimalisasi proses dan hasil pembelajaran. Komponen-komponen pembelajaran tersebut menurut Mudhoffir  dijabarkan atas pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan. Sedangakan menurut Winkel, komponen pembelajaran terdiri dari tujuan pembelajaran, kondisi awal, prosedur didaktik, pengelompokan siswa, materi, media, dan penilaian.
Tugas dan peran guru dalam proses pembelajaran :
a.       Organisator
b.      Fasilitator
c.       Dinamisator
d.      Evaluator
Secara operasional, tugas dan peran guru dalam proses pembelajaran meliputi seluruh penanganan komponen pembelajaran yang meliputi proses pembuatan rencana pembelajaran, penyampaian materi, pengelolaan kelas, pembimbingan, dan penilaian, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan membuahkan hasil yang optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran agar efektif dan fungsional, maka fungsi media pembelajaran sangat penting untuk dimanfaatkan. Pemakaian media dalam proses pembelajaran dimaksudkan untuk mempertinggi daya cerna siswa terhadap informasi atau materi pembelajaran yang diberikan.
            Efektifitas penggunaan media pembelajaran sangat tergantung pada derajat kesesuaianya dengan materi yang akan diajarkan. Disamping itu tergantung juga pada keahlian guru dalam menggunakan media tersebut. Dalam hal ini salah satu keputusan yang paling penting dalam merancang pembelajaran ialah dengan menggunakan media yang sesuai dalam rangka penyampaian pesan-pesan pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar