twitter



http://1.bp.blogspot.com/-xXdfclxCYRc/Tq9IGbsyj1I/AAAAAAAAAKA/67HVeoXTT-s/s1600/Cinta-Lingkungan.jpg

    











A.   Manfaat Lingkungan
Lingkungan yang ada disekitar siswa merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi siswa SD. Penggunaan lingkingan sebagai media pembelajaran akan lebih bermakna dan bernilai, sebab siswa dihadapkan kepada peristiwa dan keadaan yang sebenarnya, keadaan yang alami, lebih factual dan kebenaranya lebih dapat dipertanggung jawabkan. Manfaat dari penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran antara lain adalah:
a.    Media pembelajaran yang tersedia dilingkungan tidak terbatas, hal ini memungknkan siswa dapat memperkaya pengetahuan tanpa terbatasi oleh tempat dan waktu.
b.    Memungkinkan terjadinya proses belajar yang lebih bermakna) sebab siswa dihadapkan dengan keadaan dan peristiwa yang sebenarnya yang akan memenuhi prinsip kekongkritan dalam belajar sebagai salah satu prinsip pembelajara siswa SD.
c.    Memungkinkan terjadinya proses pembentukan kepribadian siswa kearah yang lebih baik, seperti kecintaan siswa kepada lingkungan, menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan.
d.   Memungkinkan kegiatan belajar akan lebih menarik serta menumbuhkan antusiasme siswa untuk lebih giat dan gemar belajar dengan begitu proses pembelajaran tidak akan membosankan bagi siswa
e.    Pemanfaatan lingkungan akan menumbuhkan aktivitas belajar siswa)yang lebih meningkat dengan penggunaan berbagai cara atau metode pembelajaran yang bervariasi seperti proses pengamatan, pembuktian sesuatu, dsb.
Begitu banyaknya manfaat dan nilai keuntungan yang dapat diperoleh dengan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran dalam pendidikan di SD. Dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran memerlukan kreatifitas dan inovatif  dari guru agar proses pembelajaran tepat pada sasaran yang akan dituju.


JENIS-JENIS LINGKUNGAN SEBAGAI  MEDIA PEMBELAJARAN
Pada dasarnya semua jenis lingkungan yang ada disekitar siswa dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran di sd sepanjang relevan dengan kompetensi dasar dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa. Dari semua lingkungan yang dapat digunakan dalam proses pendidikan dan pembelajaran secara umum dapat dikategorikan menjadi tiga macam lingkungan belajar yaitu lingkungan alam, lingkungan social, lingkungan buatan. Lingkungan alam merupakan tempat bebas atau alam bebas yang dapat memberi informasi secara langsung kepada anak, lingkungan social yang menekankan kepada tempat hasil karya manusia dan didalamnya terdapat aktifitas hubungan manusia.
i.      Lingkungan Alam
Lingkungan alam atau lingkungan fisik adalah segala sesuatu yang sifatnya alamiah, seperti sumber daya alam(air, tanah, batuan), tumbuh-tumbuhan, dan hewan, sungai, iklim, suhu udara.
Lingkungan sifatnya relative menetap, olehkerena itu jenis lingkungan ini akan lebih mudah dikenal dan dipelajari oleh siswa. Dengan mempelajari lingkungan alam dharapkan siswa dapat lebih memahami gejala-gejala alam yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari. Melalui interaksi langsung dengan lingkungan dan alam sekitar akan menimbulkan penghayatan baru dalam diri siswa tentang keterkaitan antar berbagai lingkungan.

ii.    Lingkungan Sosial
Lingkungan social berkenaan erat dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam pemanfaatan lingkungan social sebagai media pembelajaran antara lain:
1.    Mengenal adapt istiadat dimana tempat siswa tinggal. Adapt istiadat yang dianut oleh lingkungan tertentu harus diketahui dan dikenali oleh siswasehingga siswa sebagai bagian dari masyarakar kelak akan mampu menjaga kelestarian adapt dan budaya. Dari kegiatan-kegiatan adapt siswa dapat memetik ilmu yang tidak ternilai harganya.
2.    Mengenal jenis mata pencaharian penduduk sekitar tempat tinggal dan sekolah.
3.    Mengenal organisasi social yang ada si sekitar tempat linggal dan sekolah.
4.    Mengenal kehidupan beragama yang dianut oleh penduduk sekitar tempat tinggal dan sekolah.
5.    Mengenal budaya termasuk kesenian yang ada disekitar tempat tinggal dan sekolah.
6.    Mengenal struktur pemerintah setempat, seperti  rikum tetengga, rukun warga, kelurahan dan kecamatan.

Pemanfaatan lingkungan sosial sebagai media pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran di SD sebaiknya dimulai dari lingkungan yang terkecil atau paling dekat dengan siswa.

iii.  Lingkungan Buatan.
Lingkungan buatan merupakan lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibangun manusia untuk tujuan- tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lingkungann alam tersebut antara lain irigasi dan pengairan, bendungan, pertamanan, kebun binatang, perkebunan, penghijauan, dan pembangkit tenaga listrik.






1 komentar:

  1. bagus nihhhh maksih atas share ilmunya. salam

Poskan Komentar