A. Manfaat Lingkungan
Lingkungan yang
ada disekitar siswa merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat
dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pembelajaran yang berkualitas
dan bermakna bagi siswa SD. Penggunaan lingkingan sebagai media pembelajaran
akan lebih bermakna dan bernilai, sebab siswa dihadapkan kepada peristiwa dan
keadaan yang sebenarnya, keadaan yang alami, lebih factual dan kebenaranya
lebih dapat dipertanggung jawabkan. Manfaat dari penggunaan lingkungan sebagai
media pembelajaran antara lain adalah:
a.
Media pembelajaran yang
tersedia dilingkungan tidak terbatas, hal ini memungknkan siswa dapat
memperkaya pengetahuan tanpa terbatasi oleh tempat dan waktu.
b.
Memungkinkan terjadinya proses
belajar yang lebih bermakna) sebab
siswa dihadapkan dengan keadaan dan peristiwa yang sebenarnya yang akan
memenuhi prinsip kekongkritan dalam belajar sebagai salah satu prinsip
pembelajara siswa SD.
c.
Memungkinkan terjadinya proses pembentukan
kepribadian siswa kearah yang lebih baik, seperti kecintaan siswa kepada
lingkungan, menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan.
d.
Memungkinkan kegiatan belajar akan lebih menarik serta menumbuhkan
antusiasme siswa untuk lebih giat dan gemar belajar dengan begitu proses
pembelajaran tidak akan membosankan bagi siswa
e.
Pemanfaatan lingkungan akan
menumbuhkan aktivitas belajar siswa)yang
lebih meningkat dengan penggunaan berbagai cara atau metode pembelajaran yang
bervariasi seperti proses pengamatan, pembuktian sesuatu, dsb.
Begitu banyaknya
manfaat dan nilai keuntungan yang dapat diperoleh dengan pemanfaatan lingkungan
sebagai media pembelajaran dalam pendidikan di SD. Dalam pemanfaatan lingkungan
sebagai media pembelajaran memerlukan kreatifitas dan inovatif dari guru agar proses pembelajaran tepat pada
sasaran yang akan dituju.
Pada dasarnya semua jenis lingkungan yang ada disekitar siswa dapat
dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran di sd sepanjang relevan
dengan kompetensi dasar dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa.
Dari semua lingkungan yang dapat digunakan dalam proses pendidikan dan
pembelajaran secara umum dapat dikategorikan menjadi tiga macam lingkungan
belajar yaitu lingkungan alam, lingkungan social, lingkungan buatan. Lingkungan
alam merupakan tempat bebas atau alam bebas yang dapat memberi informasi secara
langsung kepada anak, lingkungan social yang menekankan kepada tempat hasil karya
manusia dan didalamnya terdapat aktifitas hubungan manusia.
i.
Lingkungan Alam
Lingkungan alam atau lingkungan fisik adalah segala sesuatu yang
sifatnya alamiah, seperti sumber daya alam(air, tanah, batuan),
tumbuh-tumbuhan, dan hewan, sungai, iklim, suhu udara.
Lingkungan sifatnya relative menetap, olehkerena itu jenis
lingkungan ini akan lebih mudah dikenal dan dipelajari oleh siswa. Dengan
mempelajari lingkungan alam dharapkan siswa dapat lebih memahami gejala-gejala
alam yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari. Melalui interaksi langsung
dengan lingkungan dan alam sekitar akan menimbulkan penghayatan baru dalam diri
siswa tentang keterkaitan antar berbagai lingkungan.
ii.
Lingkungan Sosial
Lingkungan social berkenaan erat dengan interaksi siswa dalam kehidupan
bermasyarakat. Dalam pemanfaatan lingkungan social sebagai media pembelajaran
antara lain:
1.
Mengenal adapt istiadat dimana
tempat siswa tinggal. Adapt istiadat yang dianut oleh lingkungan tertentu harus
diketahui dan dikenali oleh siswasehingga siswa sebagai bagian dari masyarakar
kelak akan mampu menjaga kelestarian adapt dan budaya. Dari kegiatan-kegiatan
adapt siswa dapat memetik ilmu yang tidak ternilai harganya.
2.
Mengenal jenis mata pencaharian penduduk sekitar tempat tinggal dan
sekolah.
3.
Mengenal organisasi social yang ada si sekitar tempat linggal dan
sekolah.
4.
Mengenal kehidupan beragama yang dianut oleh penduduk sekitar tempat
tinggal dan sekolah.
5.
Mengenal budaya termasuk kesenian yang ada disekitar tempat tinggal
dan sekolah.
6.
Mengenal struktur pemerintah setempat, seperti rikum tetengga, rukun warga, kelurahan dan
kecamatan.
Pemanfaatan lingkungan sosial sebagai media pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran
di SD sebaiknya dimulai dari lingkungan yang terkecil atau paling dekat dengan
siswa.
iii. Lingkungan Buatan.
Lingkungan buatan merupakan lingkungan yang sengaja diciptakan atau
dibangun manusia untuk tujuan- tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan
manusia. Lingkungann alam tersebut antara lain irigasi dan pengairan,
bendungan, pertamanan, kebun binatang, perkebunan, penghijauan, dan pembangkit
tenaga listrik.
11 Mei 2013 pukul 17.20
bagus nihhhh maksih atas share ilmunya. salam